Minggu, 04 Januari 2015

Tugas Ilmu Sosial Dasar (I.S.D)
"Pemuda dan Sosialisasi"


PENGERTIAN PEMUDA
Pemuda adalah golongan manusia-manusia muda yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan kearah yang lebih baik, agar dapat melanjukan dan mengisi pembangunan yang kini telah berlangsung, pemuda di indonesia dewasa ini sangat beraneka ragam, terutama bila dikaitkan dengan kesempatan pendidikan.
pemuda identik dengan sebagai sosok individu yang berusia produktif dan mempunyai karakter khas yang spesifik yaitu revolusioner, optimis, berpikiran maju, memiliki moralitas, dsb. Dalam Pandangan Islam Pemuda adalah masa keemasan manusia. Masa yang sangat berharga itu tidak boleh terlewatkan begitu saja. Pemuda harus selalu melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat hingga mencapai prestasi yang gemilang. Semua itu tentu tidak akan terwujud kecuali pemuda dapat mengatur waktu dengan efektif.

PENGERTIAN SOSIALISASI
Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu.
Berikut pengertian sosialisasi menurut para ahli :
1. Charlotte Buhler
Sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri, bagaimana cara hidup, dan berpikir kelompoknya agar ia dapat berperan dan berfungsi dengan kelompoknya.
2. Peter Berger
Sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarakat tempat tinggalnya sehingga akan membentuk kepribadiannya.
3. Paul B. Horton
Sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarakat tempat tinggalnya sehingga akan membentuk kepribadiannya.
4. Soerjono Soekanto
Sosialisasi adalah proses mengkomunikasikan kebudayaan kepada warga masyarakat yang baru.
Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam sosialisasi, antara lain: Proses Sosialisasi, Media Sosialisasi dan Tujuan Sosialisasi.
a) Proses sosialisasi
Istilah sosialisasi menunjuk pada semua factor dan proses yang membuat manusia menjadi selaras dalam hidup ditengah-tengah orang kain. Proses sosialisasilah yang membuat seseorang menjadi tahu bagaimana mesti ia bertingkah laku ditengah-tengah masyarakat dan lingkungan budayanya. Dari proses tersebut, seseorang akan terwarnai cara berpikir dan kebiasaan-kebiasaan hidupnya.
Semua warga negara mengalami proses sosialisasi tanpa kecuali dan kemampuan untuk hidup ditengah-tengah orang lain atau mengikuti norma yang berlaku dimasyarakat. Ini tidak datang begitu saja ketika seseorang dilahirkan, melainkan melalui proses sosialisasi.
b) Media Sosialisasi
• Orang tua dan keluarga
• Sekolah
• Masyarakat
• Teman bermain
• Media Massa.
c) Tujuan Pokok Sosialisasi
• Individu harus diberi ilmu pengetahuan (keterampilan) yang dibutuhkan bagi kehidupan kelak di masyarakat.
• Individu harus mampu berkomunikasi secara efektif dan mengenbangkankan kemampuannya.
• Pengendalian fungsi-fungsi organik yang dipelajari melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat.
• Bertingkah laku secara selaras dengan norma atau tata nilai dan kepercayaan pokok ada pada lembaga atau kelompok khususnya dan pada masyarakat umum.

Masalah dan Potensi Generasi Muda
1. Permasalah Generasi Muda
Berbagai permasalahan generasi muda yang muncul pada saat ini antara lain :
a. Dirasa menurunnya jiwa idealisme, patriotisme dan nasionalisme di kalangan masyarakat termasuk generasi muda
b. Kekurangpastian yang dialami generasi muda terhadap masa depannya
c. Belum seimbangnya antara jumlah generasi muda dengan fasilitas pendidikan yang tersedia, baik yang formal maupun    non formal
d. Kurangnya lapangan kerja / kesempatan kerja serta tingginya tingkat pengangguran / setengah pengangguran di kalangan generasi muda dan mengakibatkan berkurangnya produktivitas nasional dan memperlambat kecepatan laju perkembangan pembangunan nasional serta dapat menimbulkan berbagai problem sosial lainnya
e. Kurangnya gizi yang dapat menyebabkan hambatan bagi perkembangan kecerdasan dan pertumbuhan badan di kalangan generasi muda
f. Masih banyaknya perkawinan di bawah umur, terutama dikalangan masyarakat daerah pedesaan
g. Pergaulan bebas yang membahayakan sendi-sendi perkawinan dan kehidupan keluarga
h. Meningkatnya kenakalan remaja termasuk penyalahgunaan narkotika
i. Belum adanya peraturan perundangan yang menyangkut generasi muda

2. Potensi-potensi Generasi Muda / Pemuda
Potensi-potensi yang terdapat pada generasi muda perlu dikembangkan adalah :
a. Idealisme dan daya kritis
b. Dinamika dan kreatifitas
c. Keberanian mengambil resiko
d. Optimis dan kegairahan semangat
e. Sikap kemandirian dan disiplin murni
f. Terdidik
g. Keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan
h. Patriotisme dan nasionalisme
i. Sikap kesatria
j. Kemampuan penguasaan ilmu dan teknologi

Setiap individu dalam masyarakat yang berbeda mengalami proses sosialisasi yang berbeda pula, karena proses sosialisasi banyak ditentukan oleh susunan kebudayaan dan lingkungan sosial yang bersangkutan. Jadi sosialisasi dititikberatkan soal individu dalam kelompok melalui pendidikan dan perkembangannya.
Meskipun sosialisasi itu berbeda-beda dalam berbagai lembaga, kelompok maupun masyarakat, namun sasaran sosialisasi itu sendiri banyak memiliki kesamaan.
Tujuan pokok sosialisasi adalah :
1. Individu harus diberi ilmu pengetahuan (keterampilan) yang dibutuhkan bagi kehidupan kelak di masyarakat
2. Individu harus mampu berkomunikasi secara efektif dan mengembangkan kemampuannya
3. Pengendalian fungsi-fungsi organik yang dipelajari melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat
4. Bertingkah laku selaras dengan norma atau tata nilai dan kepercayaan pokok yang ada pada lembaga atau kelompok khususnya dan masyarakat umumnya 
Sumber:
https://faisaladamsyah.wordpress.com/2013/11/01/pemuda-dan-sosialisasi/
rnpr.blogspot.com/2012/10/ilmu-sosial-dasar-bab-4-pemuda-dan.html 

  

      Harga BBM Naik, Kementerian ESDM Jadi Sasaran Demo Mahasiswa

Liputan6.com, Jakarta - Usai BBM naik, Kantor Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menjadi sasaran aksi unjuk rasa mahasiswa hingga beberapa kali pada hari ini.
Pantauan Liputan6.com, di Kantor Kementerian ESDM Selasa (18/11/2014), rombongan mahasiswa pertama datang sekitar pukul 14.00 WIB, sejumlah mahasiswa tersebut tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia.
Koordinator Aksi Demonstrasi Maulana mengatakan, kenaikan harga BBM bersubsidi menjadi ujian berat yang dihadapi masyarakat, padahal harga minyak dunia sedang mengalami penurunan.
"Pemerintah beralasan bahwa subsidi BBM membebani Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sehingga terjadi defisit APBN," kata Maulana.



Selang beberapa jam, Kantor Sudirman Said tersebut kembali diserbu mahasiswa untuk melakukan aksi unjuk rasa menentang keputusan kenaikan harga BBM.
Setelah tiba di kantor kementerian ESDM sekitar pukul 16.00 WIB, Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) melakukan orasi, sempat terjadi aksi dorong pagar dan meminta pihak Kementerian ESDM untuk menjelaskan alasan keputusan kenaikan harga BBM bersubsidi yang ditetapkan Pukul 00.00, Selasa (18/11/2014).
Mereka menuntut pemerintah mencabut kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diumumkan semalam.
"Cabut kenaikan BBM sekarang juga. Turunkan tiga menteri mafia migas Sudirman Said, Rini Soemarno dan Sofyan Djalil dan turunkan harga barang-barang pokok," ujar Koordinator PMII RJ Ramdhani.
Dalam aksinya, massa ingin bertemu langsung dengan Sudirman Said untuk menyampaikan pendapat, namun Menteri sedang tidak berada di tempat.
Pantauan saat itu, massa PMII pun membakar ban di depan pintu gerbang Kementerian ESDM. Sempat ada gesekan ketika massa mencoba masuk ke gedung Kementerian ESDM. Massa mencoba menerobos masuk ESDM dengan merubuhkan pagar.
Di tengah aksi itu, ada aksi lempar bambu dari mahasiswa dan kepolisian memicu suasana semakin memanas.
Pihak kepolisian pun mengeluarkan gas air mata, namun gas air mata ternyata jatuh di gedung Bank Indonesia (BI). Dua titik kepulan asap putih membumbung di halaman Bank Indonesia (BI).
Setelah koordinator Mahasiswa dan Komandan Kepolisian berunding, alhasil kericuhan mereda. Mahasiswa PMII membubarkan diri setelah sekitar 1 jam menyampaikan pendapat. Massa dari PMII mundur teratur dan pulang menuju gedung PBNU di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.
Aksi tolak BBM naik yang dilakukan berbarengan dengan pegawai pulang kerja tersebut, membuat lalu lintas sempat tersendat, bahkan kendaraan dialihkan ke jalur Trans Jakarta untuk mengurainya. (Pew/Ndw).
Sumber Berita:
http://bisnis.liputan6.com/read/2135877/harga-bbm-naik-kementerian-esdm-jadi-sasaran-demo-mahasiswa

Penyebab: Harga BBM Naik, Kementerian ESDM Jadi Sasaran Demo Mahasiswa

Analisis: Aksi Demonstrasi Mahasiswa yang di karenakan naiknya BBM bersubsidi.Kantor Sudirman Sai,ketika massa mencoba masuk ke gedung Kementerian ESDM Massa mencoba menerobos masuk ESDM dengan merubuhkan pagar.Di tengah aksi itu, ada aksi lempar bambu dari mahasiswa dan kepolisian memicu suasana semakin memanas.

Solusi: Pemerintah seharusnya menurunkan BBM bersubsidi tersebut,supaya masyarakat menengah kebawah dapat menggunakan BBM bersubsidi tersebut

0 komentar:

Posting Komentar