Sabtu, 16 Januari 2016



Tugas Dasar Telekomunikasi
Nama: Agung Yoga Pratama
Kelas: 2IB05
Npm: 10414495

Soal
Jelaskan cara kerja rangkaian MODULATOR FM
Jawab
Rangkaian modulator FM adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan sinyal FM. Modulasi FM yaitu terjadinya proses penumpangan sinyal informasi yang dibawa oleh sinyal pembawa (carier) kemudian sinyal pembawa akan berubah-ubah terhadap frekuensinya.
Contoh rangkaian Modulator FM 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSNvCQtCqy0mSOfsa33hs4lq3YNnyBkkon_z4i8hpHA-euMXqourov5K2Pj2lbVpNq4DyadexL-eyOVlXW2WUgXF-L0kbKwjP57U-ch9QJr-odY-E22CeNGPCiSNNHCKpEY-pwOFlCbdjp/s1600/FM.png



Cara kerja rangkaian di atas yaitu berisikan sinyal informasi yang akan di bawa oleh sinyal pembawa (carier) dimana penumpangan sinyal informasi akan menghasilkan sinyal FM,sinyal informasi akan sama besar dengan frekuensi sinyal pembawa.pada rangkaian di atas terdapat veraktor  (CV) yaitu dioda yang mempunyai sifat kapasitas yang berubah-ubah sesuai dengan tegangan.dioda ini juga dapat mengatur frekuensi yang ada didalam modulator
Dalam penggunaannya, Terminal Katoda Dioda Varactor akan dihubungkan ke tegangan positif (+) sedangkan terminal Anoda-nya dihubungkan ke tegangan negatif (-).
apabila tegangan input sebagai sinyal pembawa maka frekuensi modulator itu akan berubah sesuai dengan sinyal pembawa. Maka dari itu output dari modulator FM ini akan mengeluarkan sinyal yang frekuensinya telah berubah sesuai sinyal informasinya.

0 komentar:

Posting Komentar